Sistem Penjaminan Mutu

Pengelolaan mutu secara internal pada tingkat program studi

Penjaminan mutu ditingkat jurusan/program studi Ilmu Hukum dilakukan oleh tim unit jaminan mutu jurusan/program studi yang dibentuk berdasarkan rapat senat fakultas dan bekerja berdasarkan pada Surat Keputusan Dekan. Tim unit jaminan mutu bertugas memantau kinerja jurusan/program studi yang meliputi kegiatan akademik yaitu pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tenaga pendidik.  Selain itu, kegiatan kemahasiswaan di tingkat jurusan/program studi yang meliputi kegiatan ilmiah pendukung kompetensi dan kegiatan ekstra dengan tetap mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga kegiatan yang dilakukan mahasiswa di jurusan/program studi terprogram secara baik. Penjaminan mutu pendidikan yang meliputi seluruh proses pendidikan, termasuk pelayanan administrasi pendidikan harus dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dan pedoman peraturan dalam SOP yang telah ditentukan.

Dalam pelaksanaan penjaminan mutu, aspek-aspek yang dilihat antara lain;  (1) visi, misi, tujuan dan  sasaran;  (2) tata  pamong, kepemimpinan,  sistem  pengelolaan  dan  penjaminan mutu;  (3) kemahasiswaan  dan  lulusan ;  (4)  sumber daya manusia ;  (5)  kurikulum,  pembelajaran  dan  suasana  akademik;  (6)  pembiayaan, prasarana, sarana, dan sistem informasi; (7) penelitian, pelayanan atau pengbadian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Hasil dari penjaminan mutu internal akan memiliki dampak terhadap kualitas pembelajaran dan lulusan. Apabila hasil penjaminan mutu internal digunakan untuk memperbaiki di bidang pendidikan dan pengajaran, maka akan menyebabkan adanya peningkatan kualitas PBM, hasil belajar mahasiswa dan lulusan.

Jurusan/program studi Ilmu Hukum menyadari benar bahwa saat ini masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Selain melakukan evaluasi diri maka jurusan/program studi juga melakukan benchmark untuk dapat menemukan performance indicator untuk perbaikan yang efektif. Selama ini jurusan/program studi Ilmu Hukum fakultas Hukum Undar Jombang selalu merujuk pada universitas negeri yang berada sekitar wilayah jawa timur yaitu surabaya, Malang, dan Jember.

Evaluasi internal yang berkelanjutan

Evaluasi terhadap kinerja dilakukan setiap periode triwulan, semester dan tahunan yang dilakukan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) dengan terlebih dahulu dievaluasi pada tingkat tim UJM jurusan/program studi dan tingkat GJM. Evaluasi di tingkat Universitas dilakukan oleh PJM melalui monitoring dan evaluasi internal yang terjadwal. Temuan dan rekomendasi PJM kemudian menjadi bahan rapat evaluasi jurusan/program studi di tingkat Fakultas yang selanjutnya menjadi dasar bagi penyusunan rencana kerja periode berikutnya.

Upaya untuk Peningkatan Mutu Lulusan ditempuh dengan menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif dengan memberikan ruang yang lebih besar kepada mahasiswa untuk dapat berperan aktif. Pada proses pembelajaran selain tatap muka konvensional, diskusi, tugas mandiri, tugas kelompok, metode evaluasi melalui kuis, ujian tengah dan akhir semester sebagai bekal kompetensi lulusan.

Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan Dilakukan melalui kerjasama kemitraan yang dibangun oleh jurusan/program studi Ilmu Hukum selama ini terjalin dengan beberapa instansi pemerintah terkait, diantaranya dengan pemerintahan Pengadilan Agama Jombang, Pengadilan Negeri Jombang, dan dinas Kesbangpol Kabupaten Jombang. Dan Kerjasama dengan beberapa Notaris diwilayah Kabupaten Jombang, dan Pengacara.